PERANAN AKUNTANSI di TRANSAKSI SYARIAH

23 11 2011

InsyALLAH pada saatnya nanti akuntansi akan terbukti merupakan salah satu pengetahuan yang berawal dari pemikir Islam. Akuntansi yang mengolah secara sistematis transaksi menjadi informasi keuangan dikembangkan berlandas pada 3 (tiga) pilar utama, yaitu matematika, prinsip dasar, dan rancang-bangun. Pilar matematika mencerminkan berlakunya hukum dasar di akuntansi, yaitu besarnya penggunaan dana (uses of fund) selalu samadengan besarnya pemerolehan dana (sources of fund). Dua pilar lainnya, masing-masing Prinsip dasar dan Rancang-bangun dikembangkan sesuai kebutuhan dengan tetap berdasar pada pilar matematika.

Pilar matematika yang berlaku di akuntansi merupakan cerminan dari ilmu pengetahuan yang bersifat universal. Pengetahuan yang bersifat universal itu sendiri merupakan sunnatullah. Dengan demikian, akuntansi mendasarkan diri pada pengetahuan yang merupakan refleksi atas ajaran inti Akidah, yaitu tentang ketauhidan.

Dewasa ini berkembang pesat kebutuhan terhadap akuntansi syariah. Ditinjau dari pilar matematika, konsep dan rasionalitas yang digunakan di akuntansi syariah adalah identik dengan akuntansi konvensional. Ditinjau dari pilar Prinsip dasar dan Rancang-bangun, terdapat perbedaan dan kesamaan konsep dan rasionalitas antara yang digunakan di akuntansi syariah dan di akuntansi konvensional. Pengembangan pilar Prinsip dasar di akuntansi syariah sepenuhnya harus mendasarkan pada aturan yang disebut Syariah, yaitu berlandas Al-Qur’an dan Al-Hadits. Selanjutnya, pilar rancang-bangun di akuntansi syariah dikembangkan berdasar pilar Matematika dan Syariah.

Untuk lebih lengkapnya penjelasan mengenai hal di atas, saudara bisa membaca  buku “Akuntansi Syariah : Akad di lembaga bukan Bank” Karangan Dr. Sony Warsono, MAFIS, Ak dan Jufri, SH.I., M.Hum (saya sendiri penulisnya). diterbitkan oleh Ashgard Chapter Yogyakarta


Aksi

Information

One response

23 11 2011
big sugeng

Selamat deh atas penerbitan bukunya, mudah2an tambah sukses

Salah satu peranan dunia islam yaitu dengan dipakainya angka arab, nggak bisa bayangin deh kalau akuntansi pakai angka romawi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: