Magister Hukum Bisnis UGM

31 10 2007

Aku sekarang sudah menyelesaikan studi S2 di Magister Hukum program studi Hukum Bisnis. disana aku memperdalam bidang hukum yg berorientasi kepada sektor bisnis syari’ah. walau tidak ada pelajaran khusus tentang hukum Islam, tetapi dengan mengkaji aspek hukum konvensional saya bisa banyak membuat kontra produktif terhadap aspek-aspek kelebihan dan kekurangan bisnis syari’ah dari aspek hukumnya. karena tujuan saya belajar di hukum bisnis adalah bagaimana tinjauan hukum bisnis terhadap aspek pengembangan bisnis berbasis syari’ah bisa berjalan seiring atau malah kontraproduktif dengan aspek budaya atau kultur masyarakat kita.

Komunikasi yang telah saya bangun didalam pergaulan komunitas Mahasiswa Hukum Binsis adalah bagaimana selalu membuat diskursus hukum yang kaitannya dengan ekonomi Islam. Seperti adanya Obligasi syari’ah, Pasar modal syari’ah, sampai pada pembuatan laporan keuangan berbasis teknologi dibidang perbankan syari’ah. Alhamdulillah, hasilnya saya dapat menyusun beberapa tulisan tentang bisnis syariah.

Tulisan terakhir saya di Kuliah Magister Hukum UGM, adalah Thesis dengan judul “LAW STUDY OF SHARI’A BANKING DISPUTE SETTLING AUTHORITY (Islamic law analysis on the authority of Islamic Court, Common Court and National Arbitrary Body).” Tulisan ini sudah dipresentasikan dan diuji oleh Prof. Dr. M. Hawin dll, dan dinyatakan lulus  dengan sangat memuaskan.

Sekarang, saya sedang menyusun tulisan tentang Akuntansi Syariah bersama salah satu dosen UGM yang insyaAllah apabila tidak ada halangan akan segera diterbitkan  oleh salah satu penerbit nasional. harapan saya semoga tulisan ini akan memberikan sumbangsih pemikiran tentang akuntansi syariah dan perkembangan bisnis syariah kedepan. Amin


Aksi

Information

4 responses

27 01 2009
hieda

salam kenal mas…
bagi-bagi ilmunya dong mas…kebetulan aq pengen banget mempelajari hukum bisnis syariah…sekarang masih cari-cari infonya di internet. tapi yang aq inginkan belum aq dapatkan…
salam sukses

6 10 2009
soef47

salam kenal Pak…….

Saya pengen tahu banyak…tentang hukum perbankan syariah…..
untuk bahan2 kuliah magister neh…..
tolong di infokan….untuk mempermudah dalam Rancangan Proposal Thesis….
seblumnya makasih….

wassalam sukses ya pak…

tolong di balas…

6 06 2016
Fatihani Baso (@FatihaniB)

Saya baru mau daftar Hukum Bisnis di UGM. Tapi, masih bingung kalau tes wawancara nanti ditanya tesis nya manu bahas apa. Mungkin mas bisa bantu mengarahkan ke mana bagusnya nanti pembahasan tesis saya. Terima Kasih

7 06 2016
jufrism

Untuk daftar masuk di Magister Hukum UGM sebenarnya tidak sulit tp jg tdk mudah..tp bukan berarti tdk bisa dilakukan. kuncinya memang kita sdh harus siap akan kemana konsen kita, sehingga selain memudahkan kita membuat kajian dan diskursus bersama dosen dan temen2 saat interaksi di kelas dan jaringan komunitas yang akan kita masuki, kesiapan kita diawal terkait konsentrasi thesis yang akan kita ambil jg memberikan modal cepat selesai dalam studi.
Banyak hal yg bisa kita masuki dalam hukum bisnis di Indonesia…tak terkecuali hukum bisnis keuangan syariah, sangat banyak hal yg bisa kita bahas dan memungkinkan akan ada teori hukum dalam bisnis syariah..coba Mb.Fatihani Baso sedikit merenung kira2 apa yg bisa saya kaji dan memberikan manfaat kepada masyarakat kita.makasih

Tinggalkan Balasan

